Hijrah Bukan Main Part 2

Assalamu'alikum wr.wb.

       Di artikel sebelum nya sifa berbagi kisah tentang seorang remaja yang bertaubat namun kembali bermaksiat, lalu kembali bertaubat.
      Lantas bagaimana lanjutannya ?
Apakah taubatnya diterima oleh Allah swt ?
Bagaimana dengan kehidupan nya, akan kah ada kaitannya dengan taubat dan perjalanan hidup nya ?.

( bagi yang belum membaca artikel sebelum nya klik http://sifaloger.blogspot.co.id/2018/03/hijrah-bukan-main.html?m=1 )

-----------------

       Jadi ketika itu sifa bertemu dengan seorang remaja di salah satu mesjid yang daerah nya tidak akan sifa sebutkan ya.
Remaja itu terlihat sedang duduk di pojok kursi sambil termenung, sesekali mengusap wajah nya yang tampak basah dengan air mata. Melihat itu aku hampiri ia, duduk di samping nya, namun aku hanya terdiam, tak ada satu kata pun yang keluar dari ku. Dia pun hanya terdiam dan menghentikan tangisannya.
         Ingin sekali rasanya bertanya pada ia, apa yang sedang terjadi pada nya. Namun takut pikir ku hanya mencampuri urusan orang. Akhirnya ku ambil al quran dalam tas, ku buka lembaran demi lembaran, saat ku akan mulai membaca tiba-tiba ada sosok bayangan yang bergerak di samping kursi yang aku duduki, ku lirikan sebelah mataku, dan ternyata seorang remaja itu berdiri melihat ku lalu duduk tepat di sampingku dan sangat dekat.
" kak.." panggilnya begitu.
Serentak kaget ku di sapa nya hanya menoleh dengan senyuman belum ku jawab panggilannya ia memegang tanganku seperti seseorang yang ingin membicarakan sesuatu yang begitu penting.
         Akhirnya dalam waktu yang cukup lama kita habiskan dengan berbincang-bincang.
Ia mencurahkan segala kesedihannya yang dirasakan dalam waktu terakhir ini.
       Ia adalah seorang remaja yang mempunyai mimpi begitu tinggi. Ia juga gadis yang pintar. Dulu ia yakin mimpinya akan terwujud dengan mudah.
Namun semenjak ia melakukan kesalahan besar begitu ia menyebutnya. Segala mimpi, harapan yang di inginkan dan di bayangan selalu gagal begitu saja dan ia selalu merasakan kekecewaan yang sungguh luar biasa.
         Apapun yang ia lakukan selalu salah di mata orang yang menilainya, apapun yang ia harapkan selalu gagal. Begitu katanya sambil ia menangis menceritakannya.
         Ia bingung mengapa ini terjadi padanya, setiap hari bermuhasabah diri. Sampai ia menyadari kesalahannya di waktu sebelumnya. Ia hingga akhirnya ia bertaubat.
         Sama seperti yang aku ceritakan di artikel sebelumnya. Klik http://sifaloger.blogspot.co.id/2018/03/hijrah-bukan-main.html?m=1 .
       Setelah bertaubat ia kembali melakukannya. Lalu bertaubat lagi melakukan lagi, bertaubat lagi melakukan lagi, dan selalu seperti itu. Sehingga ia merasakan rizki yang sempit untuk nya.
          Lalu bagaimana seharusnya ia menyikapi hal ini ?

          Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata,

ولو تاب العبد ثُم عاد إلى الذنب، قَبِل الله توبته الأولى، ثُمَّ إذا عاد استحق العقوبة، فإن تاب تابَ الله عليه أيضًا

“Kalau seorang hamba bertaubat lalu kembali melakukan dosa, Allah terima taubatnya yang pertama. Kemudian jika ia kembali berdosa, ia berhak mendapat hukuman. Jika ia bertaubat, Allah terima taubatnya lagi.”

        Ibnu Taimiyah melanjutkan penjelasannya, bahwa seorang muslim yang telah bertaubat lalu kembali lagi melakukan dosa tidak boleh nekad dengan terus menerus melakukan dosa tersebut. Tapi ia harus selalu bertaubat walau ia kembali terjerumus maksiat 100 kali dalam sehari.  

Diriwayatkan dari Ali, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda,

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ الْمُفَتَّنَ التَّوَّابَ

“Sesungguhnya Allah menyukai seorang hamba yang terpedaya berbuat dosa lagi suka bertaubat.” (HR. Ahmad meriwayatkannya secara tunggal)

      Dalam hadits lain, “tidak ada dosa kecil jika dikerjakan terus menerus, dan tidak ada dosa besar jika beristighfar.” Dalam hadits lain, “tidaklah terus menerus melakukan dosa orang yang beristighfar, walau ia kembali mengulanginya 100 seratus kali dalam sehari.”

     Maksud istighfar di sini adalah istighfar dengan hati yang disertai lisan. Sesungguhnya orang yang bertaubat seperti orang yang tak punya dosa. Sebagaimana disebutkan di hadits lain, “tidak ada dosa besar yang disertai istghfar dan tidak ada dosa kecil yang dilakukan terus menerus.”

      Jika seseorang melakukan dosa kecil terus menerus tanpa henti maka dosa kecil itu akan menjadi dosa besar. Jika bertaubat darinya maka pasti diampuni. Sebagaimana firman Allah Ta’ala,

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka.” (QS. Ali Imran: 135)

        Apabila bertaubat dengan taubat yang benar pasti diampuni dosa-dosanya. Jika ia kembali berbuat dosa maka ia wajib bertaubat lagi. Jika ia bertaubat, pasti Allah terima lagi taubatnya.
            Sesungguhnya kewajiban bagi seseorang yang sudah terjerumus ke dalam perbuatan maksiat agar ia menyesalinya, yakni dengan penyesalan yang sesungguhnya atas perbuatannya yang telah dikerjakannya itu. Ia bertekad untuk meninggalkannya dengan sepenuhnya karena takut kepada Allah dan bentuk pengagungan kepada-Nya. Lalu ia tanamkan dalam dirinya untuk tidak mengulanginya kembali jika datang situasi dan kondisi serupa. Di samping itu ia beristighfar dan meminta ampun kepada Allah atas kekhilafannya. Jika demikian kondisinya, pastilah Allah akan mengampuni kesalahannya tersebut.

        Jika ternyata ia terjerumus kembali ke dalam perbuatan maksiat serupa untuk kedua kalinya, maka ia telah melakukan dosa yang baru. Sementara dosanya yang lalu yang ia sudah bertaubat darinya dengan taubat tulus telah terhapus dan hilang. Namun tetap baginya untuk bersungguh-sungguh dan jujur untuk tidak terjerumus kembali. Yang perlu juga dilakukan, ia senantiasa meminta pertolongan dan taufiq kepada Allah Ta'ala. Tidak perlu ia menyiksa diri dan merana berkepanjangan karena maksiat yang telah diperbuatnya. Hendaknya ia mengingat berita gembira bagi orang-orang yang bertaubat, di antaranya firman Allah Ta'ala:

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (QS. Al-Nuur: 31)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارُ

"Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. . . " (QS. Al-Tahrim: 8)

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللهِ إِنَّ اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar : 53)

        Dalam ayat di atas, Allah 'Azza wa Jalla  menjanjikan taubat dan ampunan kepada hamba-hamba-Nya apabila mereka bertaubat dan memohon ampun kepada-Nya dengan tulus dan penuh penyesalan. Dalam ayat di atas juga terdapat larangan berputus asa dari rahmat Allah, bahwa Dia pasti akan mengampuni dosanya. Sedangkan Allah adalah tidak akan bohong dalam janji-Nya.

       Dalam khazanah hadits Nabawi juga terdapat banyak keterangan tentang keutamaan taubat dan pahala besar yang ada di dalamnya. Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudri Radliyallah 'Anhu, RasulullahShallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ النَّهَارِ وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ اللَّيْلِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا

"Sungguh Allah 'Azza wa Jalla membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk merima taubat pelaku dosa di siang hari, dan akan membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat pelaku dosa di malam hari." (HR. Imam Muslim)

Diriwayatkan dari Rifa'ah Al-Juhni, RasulullahShallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ يُمْهِلُ حَتَّى إِذَا ذَهَبَ مِنْ اللَّيْلِ نِصْفُهُ أَوْ ثُلُثَاهُ قَالَ لا يَسْأَلَنَّ عِبَادِي غَيْرِي مَنْ يَدْعُنِي أَسْتَجِبْ لَهُ مَنْ يَسْأَلْنِي أُعْطِهِ مَنْ يَسْتَغْفِرْنِي أَغْفِرْ لَهُ حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

"Sungguh Allah akan memberi tangguh, sehingga berlalu setengah atau sepertiga malam, lalu berfirman: 'Hambaku tidak meminta kepada selain-Ku, maka siapa saja yang berdoa kepada-Ku pasti kan Ku kabulkan, siapa saja yang meminta kepadaku pasti kan kupenuhi permintaannya, siapa saja yang memohon ampun pada-ku pasti kan kuampuni sehingga terbit fajar'." (HR. Imam muslim dan Ibnu Majah)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radliyallah 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

لَلَّهُ أَشَدُّ فَرَحًا بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ حِينَ يَتُوبُ إِلَيْهِ مِنْ أَحَدِكُمْ كَانَ عَلَى رَاحِلَتِهِ بِأَرْضِ فَلاةٍ فَانْفَلَتَتْ مِنْهُ وَعَلَيْهَا طَعَامُهُ وَشَرَابُهُ فَأَيِسَ مِنْهَا فَأَتَى شَجَرَةً فَاضْطَجَعَ فِي ظِلِّهَا قَدْ أَيِسَ مِنْ رَاحِلَتِهِ فَبَيْنَا هُوَ كَذَلِكَ إِذَا هُوَ بِهَا قَائِمَةً عِنْدَهُ فَأَخَذَ بِخِطَامِهَا ثُمَّ قَالَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ اللَّهُمَّ أَنْتَ عَبْدِي وَأَنَا رَبُّكَ أَخْطَأَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ

"Sungguh Allah sangat gembira dengan taubat hambanya ketika bertaubat kepada-Nya, melebihi senangnya seorang hamba yang bepergian dengan kendaraannya di sebuah negeri yang gersang, lalu kendaraannya tadi hilang, padahal bekal makan dan minumnya berada di atasnya, lalu ia patah harapan untuk mendapatkannya, lalu ia berteduh di bawah pohon dengan diliputi kekecewaan. Ketika seperti itu, tiba-tiba kendaraannya berdiri di sampingnya, lalu ia pegang tali kendalinya, kemudian berkata dengan gembiranya : "Ya Allah, Engkau adalah hambaku sedangkan akku adalah tuhan-Mu!! Dia telah melakukan kesalahan karena terlalu gembira." (HR. Muslim)

Sebenarnya ia ingin berkata: "Ya Allah, Engkau Tuhanku dan aku hamba-Mu". Tapi, lidahnya terbalik seperti di atas karena kegembiraan yang luar biasa. Maka Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya melebihi kegembiraannya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radliyallah 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

لَوْ أَخْطَأْتُمْ حَتَّى تَبْلُغَ خَطَايَاكُمْ السَّمَاءَ ثُمَّ تُبْتُمْ لَتَابَ عَلَيْكُمْ

"Seandainya kalian semua melakukan kesalahan (dosa), sehingga dosa kalian mencapai setinggi langit, kemudian kalian bertaubat pasti Allah akan mengampuni kalian." (HR. Ibnu Majah dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam al-Shahihah: 2/604)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radliyallah 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

"Setiap anak Adam pasti memiliki kesalahan, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah mereka yang mau bertaubat." (HR. Ibnu Majah  dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam al Misykah dan shahih sunan Ibni Majah)

Diriwayatkan dari Abu Ubaidah bin Abdillah dari ayahnya, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

التَّائِبُ مِنْ الذَّنْبِ كَمَنْ لاَ ذَنْبَ لَهُ

"Orang yang bertaubat dari dosa adalah seperti orang yang tidak memiliki dosa." (HR. Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

   

----

Akhirnya setelah remaja itu benar-benar bertaubat tanpa mengulangi nya lagi dan Alhamdulilah kini telah istiqomah berada di jalan Allah swt.
Kini apapun yang ia ingin kan Alhamdullilah selalu Allah kabulkan.
Mimpi-mimpi yang pernah hilang kembali hadir menghiasi hari-hari nya.
Hidupnya kembali damai penuh kebahagian.

" Jangan lupa beristghfar yaa setiap hari nya, karena akan ada berkah yang tak di sangka-sangka dari Allah swt"
Semoga Allah swt selalu mengampuni semua kesalahann kita.
Aamiin yaarabbal'alamiin.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb

Comments

Popular Posts