Tips Agar Mudah Menjaga Hati

Assalamualaikum, Wr. Wb.
     Pernah menyadari engga sih, bahwa sebenarnya hati ini terkadang labil loh.
Kok bisa ?
Temen-temen pernah menyukai seseorang ? Hmm.. pasti pernah yaa, apa sering ? Hehe
No problem ya, karena semua insan pasti memiliki rasa kagum dalam dirinya.
Lalu bagaimana cara kita menempati rasa kagum ini dengan benar ? 
      Pernah tersadar tidak bahwa terkadang kita kagum dengan hal atau sesuatu yang dianggap sepele ? Bahkan saking kagum nya mungkin menimbulkan benih cinta ? Sayang ?
Hmm..Kalau udah bilang cinta nih, biasanya suka rada-rada baper nih yang baca, eh..eh.
Biasanya jika sudah merasa cinta  sebagian orang akan siap menerima hingga memberi segalanya " segalanya ".
Ada juga sebagian orang mencintai secara berlebih, sampe-sampe rasa cinta nya melebihi rasa cinta pada Allah swt, pada Rasull allah, atau pada kedua orang tua nya.
Cinta nya lebih besar pada makhluk Allah, cinta nya lebih besar dari pada cinta ke orang tuanya.
Pernah bertemu dengan yang seperti ini ?
Atau pernah seperti ini ?
Hmmm… tak usah menjawabnya cukup lubuk hati deh ya yang jawab hehe.
        Atau pernah tidak menyukai orang ? Kenapa tidak menyukai orang ? Apa karena penampilannya yang berbeda dengan kita ? Pergaulannya yang tidak sesuai dengan kebiasaan kita ? Atau merasa kurang enak jika berada didekatnya ? Hmmm… pasti banyak deh alasannya dikala kesel sama orang. Iya kan ? Hayo, hehe.
       Menyukai atau tidak menyukai seseorang mungkin itu adalah hal biasa.
Padahal jarang yang sadar nih dari kita siapa sih yang membuat hati kita seperti itu ? Kenapa bisa begitu ?
Pernah denger enggak " cinta jadi benci, benci jadi cinta " .
Loh..loh.. kok bisa gitu ?
Jangan heran temen-temen, itu semua Allah lah yang mengatur nya.
Karena sesungguhnya nih Allah maha membolak-balikan hati manusia.
       Allah swt sangat tidak menyukai sesuatu yang berlebihan, maka disaat kita mencintai secara berlebih pada makhluk allah, saat itu allah telah membuat cara " berbagai cara " untuk membalikan hati ini supaya membenci nya. Dan sebaliknya disaat membenci sesuatu, allah pun akan membalikan hati ini menjadi mencintai. Pernah menyadari ? Pernah merasakan ?
       Sebenernya bukan hanya tentang cinta dan benci allah membolak-balikan hati, dengan berbagai hal,  jika allah telah berkehendak apapun akan terjadi, dan membalikkan nya.
     Nah terus bagaimana cara kita agar hati ini mudah terjaga ? Terjaga dari apa ?
      Mudah banget, untuk yang tidak ingin salah mencintai hanya ingin mencintai pada orang yang tepat, dicintai oleh orang yang tepat, maka kunci lah hati nya berikan kunci nya pada Allah swt. Biarlah Allah yang menjaga kuncinya dan memberikan kuncinya pada orang terbaik pilihan allah untuk membuka gembok hati.
Doakan agar segera menjemput, untuk menghalalkan kita.
Walah bagaimana nih, bisa gak nih kayak gitu ?
Bagaimana jika sudah terlanjur memberikan kunci nya pada orang lain ? sebenernya belum tahu juga orang tersebut bisa menjemput dengan mengucap ijab qobul untuk kita "menghalalkan kita " atau malah cuma janji doang ? Dan masalahnya hati ini  udah terlanjur mengagumi nya nih, udah terlanjur seneng sama janjinya yang akan menghalalkan kita.
Jawabannya… jangan pernah tinggalkan 1/3 malammu, cerita segalanya pada allah…
Karena allah lah yang maha mengetahui segalanya..
Selain itu doakan juga agar ia di segerakan untuk menjemput mu, agar tak mudah letih saat melangkah menuju jalan penjemput mu. Doa kan agar mampu menepati janji nya.
Lalu bercerminlah " jodohmu adalah cerminan dirimu " jika dirasa belum pantas bersanding dengan nya segara luruskan niat karena Allah swt dan benahi diri..
         Terus bagaimana cara nya agar kita tak mudah membenci orang lain ?
Cukup dengan " segalanya karena allah " 
" semuanya hanya allah yang bisa "
Lalu ingat lah bahwa orang yang di benci itu sama seperti kita merupakan ciptaan allah swt, dan percayalah suatu saat yang dibenci itu akan membawa kebaikan untuk kita.
Jangan pernah merasa diri ini baik, anggap semuanya sama tak ada yang sempurna. Itulah hal mudah untuk tidak membenci orang lain.

Artikel ini bukan menggurui temen-temen semua, saya pun masih harus banyak belajar, namun apasalahnya jika saya mengingatkan yang saya ketahui, benarkan ?
Jikaa ada yang kurang dengan artikel ini, atau ada yang salah, yang harus di benarkan maka berkomentarlah di kolom komentar yaa.. saya akan sangat senang dan berterimakasih kepada teman-teman semua yang sudah mengapresiasi .

Comments

Popular Posts